Minggu, 25 Desember 2011

Waspada, Ombak Perairan Masalembu Capai 4 Meter

SUMENEP - Administrator Pelabuhan (Adpel) Kalianget, Kabupaten Sumenep, mengeluarkan larangan berlayar untuk kapal yang melintas Perairan Maselembu. Sebab, ombak yang ada di sekitar perairan mencapai setinggi 4 meter lebih.

Tidak hanya ombak yang tinggi, cuaca sekitar juga tidak cukup bersahabat karena sering terjadi hujan lebat, yang disertai dengan angin kencang. Bila dipaksakan berlayar, dipastikan akan membahayakan para penumpang.


“Kami memang menyarankan bagi kapal yang menuju Masalembu untuk menunda keberangkatannya. Soalnya, tinggi gelombang masih 4 meter dan cukup membahayakan pelayaran,” ujar Kepala Adpel Kalianget, Sumenep, JA Turmanto, Jumat (21/1/2011).

Turmanto menjelaskan, kondisi di sekitar perairan Masalembu cukup berbeda dengan yang lain. Di mana, seperti perairan Kangean dan Selat Madura, kondisi ombak cukup stabil, hanya mencapai 1,3 – 2 meter. Tidak hanya itu, di perairan Masalembu sendiri merupakan laut lepas sehingga bila ada badai akan sulit mencari tempat untuk berlindung.

Dengan mempertimbangkan kondisi terkini. Dia mengaku, Administrasi Pelabuhan belum mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk Pelabuhan Kalianget menuju Masalembu. Di sisi lain, dia juga mengimbau agar para nelayan untuk waspada dan tidak melaut sementara, menunggu kondisi laut membaik.

“Tapi, kalau ada nakhoda kapal perintis yang biasa melayani lintasan Kalianget-Masalembu berani berlayar. Ya, kami akan pertimbangkan kembali,” urainya.

Turmanto menambahkan, sejauh ini pihaknya hanya mengeluarkan SPB untuk kapal penumpang ke Jangkar dan Kangean. Adapun beberapa kapal yang diizinkan, antara lain Kapal Muat Penumpang (KMP) dan Express Bahari.

“Untuk kapal lintasan Kalianget-Masalembu menunggu kondisi laut membaik,” tegasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Sumenep, Syamsul Arifin. Dia menyatakan, hingga saat ini untuk ketinggian gelombang ombak di sekitar Perairan Masalembu, masih di atas 3 meter.

“Untuk gelombang laut diperairan Masalembu dan Kangean, diprediksi memburuk hingga satu dua hari ke depan,” ucapnya.
(Subairi/Koran SI/kem)


Sumber :
http://news.okezone.com/read/2011/01/21/340/416608/waspada-ombak-perairan-masalembu-capai-4-meter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar