Minggu, 25 Desember 2011

Sejarah Masalembu

Mendengar namanya saja mungkin akan asing bagi kita, apalagi tau seperti apa keadaan pulau tersebut. Tapi jika mendengar kapal Tampomas 2 yg tenggelam seperti di tulis dalam lagu Iwan Fals tentu akan tidak asing terdengar di telinga kita. Pulau Masalembu atau yg juga dikenal dengan nama Pulau Masalembo merupakan pulau kecil yang terletak d utara pulau Madura. Kecamatan Masalembu ini masuk wilayah Kabupaten Sumenep.


Pada mulanya, pulau ini tidak berpenghuni. Sekitar abad XVII, orang-orang Bugis sering melakukan perjalanan ke Surabaya untuk berdagang. Barang dagangan mereka yang paling banyak adalah kelapa. Pada suatu ketika, sebuah kapal mereka tidak mendapat cukup angin dan akhirnya terdampar di perairan sebelah timur Pulau Masalembu. Karena pulau ini adalah pulau yang terdekat, mereka memutuskan untuk mendarat. Pulau ini tidak di huni oleh seorang manusiapun, hanyaterdapat sekumpulan sapi atau lembu yang merata hampir di semua pulau. Maka orang Bugis menamakan pulau ini dengan Nusa Lembu. Karena tanahnya yg cocok untuk kelapa, maka orang-orang bugis memutuskan untuk menanam kelapa bawaan mereka di pulau ini dan mengganti barang bawaan mereka dengan sapi untuk di bawa ke Surabaya. Setelah mendapat cukup angin, mereka melanjutkan perjalanan ke surabaya untuk berdagang. Di Surabaya mereka menyebarkan informasi mengenai keberadaan pulau ini.

Beberapa tahun kemudian mereka datang lagi ke Nusa Lembu dan memutuskan untuk mnempati pulau ini. Kelapa yang mereka tanam sebelumnya telah menghasilkan. Lambat laun seiring berjalanan waktu, orang bugis banyak yang menikah dengan orang jawa timur dan sebagian besar dengan orang madura. di kemudian hari mereka menyebut Nusa Lembu menjadi Masalembu, masa yang berarti banyak dan lembu yang berarti sapi.

Begitulah sekelumit sejarah nama dan ditemukannya pulau masalembu menurut penuturan Pak Jamal, orang yang telah melakukan penelitian mengenai pulau ini.


Sumber :
http://irenkdesign.wordpress.com/2009/07/13/sejarah-masalembu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar