Minggu, 25 Desember 2011

Cuaca Buruk Isolasi Pulau Masalembu

Pulau Masalembu di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, tersisolasi akibat kepungan cuaca buruk. Nelayan setempat tidak berani melaut, begitu pula kapal-kapal yang akan bertolak dari pulau di tengah Laut Jawa itu memilih sandar.

Anggota DPRD Sumenep asal Kecamatan Masalembu Darul Hasyim Fath, Kamis (31/3), mengatakan cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi melanda perairan Masalembu sejak tiga hari lalu.


Kondisi itu terjadi di luar perkiraan, karena biasanya kondisi seperti itu berlangsung pada peralihan musim. Oleh karena itu, warga di pulau yang masuk Kecamatan Masalembu tersebut belum sempat mengantisipasi dengan menyediakan stok bahan pokok.

“Sejak tiga hari terakhir tidak ada aktivitas ekonomi di Masalembu. Meski bahan pokok masih cukup untuk beberapa hari ke depan, jika kondisi ini berlangsung lama, mengkawatirkan juga,” kata Darul Fath.

Nelayan setempat, ujarnya, memilih tidak melaut dan hanya memperbaiki jaring di pinggir pantai.
Aktivitas di Pasar Masalima yang menjadi pusat perekonomian masyarakat juga tersendat, karena minimnya stok ikan segar yang dimiliki para pedagang ikan.

‘Kami berharap kondisi ini tidak berlangsung lama. Karena kehidupan kami sebagian besar bergantung pada kondisi cuaca di perairan,” katanya. MI

Sumber :
http://bappeda.jatimprov.go.id/2011/04/01/cuaca-buruk-isolasi-pulau-masalembu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar